Rack Server Indonesia

Pengertian Rack Server indonesia, Fungsi Rack Server dan Macam Jenis Tipe Rack Server – Rack system merupakan rack yang secara khusus memang dirancang sebagai penempatan server atau digunakan juga sebagai peralatan jaringan network diantaranya komputer server dan switch. Adapun manfaat utama rack server ini adalah sebagai ruang atau tempat yang lebih efisiensi dan menjadi peralatan maintenance menjadi lebih mudah.

Dalam sebuah rack tunggal terdapat beberapa rack server yang ditumpuk diatasnya.  Sumber daya jaringan yang lain juga ikut terkonsolidasi hingga mengurangi ruang lantai sesuai yang diperlukan. Konfigurasi rack server juga bermanfaat untuk menyederhanakan pemasangan kabel antara komponen jaringan yang lain.

Selain itu dalam sebuah peralatan rack server juga diisi dengan server, sistem pendinginan yang khusus digunakan untuk mencegah panas yang berlebihan. Pasalnya jika terdapat banyak panas yang berlebihan akan terjadi banyak daya komponen yang terbuang. Mengingat dalam ruang kecil memiliki daya terbatas. Salah satu contoh dari manfaat penggunaan rack server yaitu digunakan pada lingkup bisnis.

Berbicara soal rack server, banyak orang yang beranggapan rack server adalah sebuah ruang komputer berukuran besar bermil mil dengan perlatan komputer yang lengkap.

Sebagai contoh : Pada saat perusahaan mulai tumbuh pada titik dimana perusahaan memiliki beberapa server kecil sekitar kantor dengan beberapa fans secara permanen maka rack mount cabinet menjadi pilihan yang tepat. kabinet yang tertutup sangat baik digunakan untuk lingkungan kantor karena cabinet yang tertutup menjaga perangkat dari pihak luar , gangguan komputer sehingga peralatan jaringan dan komputer dapat dikunci dan diamankan dari tindakan jahat yang disengaja atau yang tidak disengaja.

 

Type-Type Rack Server Indonesia :

Rack Server Murah Rack Server JAkarta Rack server 42U
Hagane Rack Server Indonesia Rack Server Jakarta Rack Server MurahRack server umumnya dipakai institusi yang menggunakan fungsi server berbeda pada satu rak, seperti Web Server, Database Server, dan sebagainya. Secara umum rack server dibagi menjadi 3 jenis diantaranya:

1. CLOSED RACK Series

Closed Rack merupakan tipe rack server yang tertutup yang dilengkapi dengan ventilasi roof fan, dengan menggunakan pintu kaca tempered dan penutup samping berbahan metal SPCC yang guna untuk menyerap panas perangkat dan memiliki ketebelan plat spcc yang cukup untuk loading perangkat di dalam close rack server sampai 800kg . Hal ini membuat closed rack menjadi tipe rack server yang kuat dan aman.

2. WALLMOUNT RACK Series

Wallmount rack adalah Jenis tipe rack server yang biasanya digunakan untuk penyimpanan segala perlatan networking termasuk diantaranya switch hub, modem, dan peralatan networking lainnya. Biasanya wallmount rack ini memiliki 1 pintu depan atau juga 2 pintu samping ( Single Door) dan 1 pintu depan , 2 pintu samping & 1 pintu belakang ( Double Door) . Tapi untuk model dan desainnya cukup sederhana.

3. OPEN RACK Series

Kebalikan dari closed rack, tipe rack server open rack menjadi tipe yang paling sederhana dimana dalam penempatan segala peralatan jaringan lebih tertata dan sederhana tapi tidak ada pintu (hanya rangka untuk penempatan perangkat ) . Sehingga harga open rack server lebih murah dibandingkan dengan harga closed rack karena rack server tipe ini hanya di pergunakkan dalam ruangan yang terkunci . Tapi rack server tipe ini sangat cocok digunakan pada perusahaan perusahaan kecil untuk membantu penyimpanan data data penting perusahaan.

 

Biasanya setiap tipe rack server memiliki fungsi cooling system yang berbeda beda sesuai dengan perangkat aktif tersebut. Semakin dingin suhu maka perangkat akan semakin efisien.

Tapi sebelum anda memutuskan menggunakan tipe rack server mana yang akan digunakan, sebaiknya anda harus bisa menghitung berapa total ampere yang akan digunakan dalam rack server. Semoga tentang Pengertian Rack Server indonesia , Fungsi Rack Server indonesia dan Macam Jenis Tipe Rack Server indonesia dapat bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.