Kalau Anda penasaran bagaimana perangkat bisa terhubung ke internet, jawabannya nanti akan sangat berkaitan dengan fungsi router. Nama router sendiri tentu sudah tak lagi asing buat Anda, dan paling sering diidentikkan dengan internet.

Apa Itu Router?

Router sendiri merupakan perangkat yang mentransmisikan paket data ke sebuah perangkat dari jaringan internet lewat proses yang disebut routing. Routing sendiri adalah proses penerusan paket antara jaringan satu dengan jaringan yang lain. Karena itu, router menghubungkan dua atau lebih jaringan maupun sub-jaringan.

Dengan kata lain, router bekerja untuk mengelola traffic antar jaringan. Caranya adalah dengan meneruskan paket data menuju alamat IP tujuan. Dan router juga memungkinkan penggunaan koneksi internet yang sama oleh beberapa perangkat dalam waktu bersamaan.

Apa Saja Fungsinya?

Secara garis besar, ada 2 fungsi utama yang dimiliki router. Pertama adalah untuk mengelola traffic antar jaringan. Dan kedua adalah untuk membagikan koneksi internet ke perangkat-perangkat lain. Dan di samping kedua fungsi itu, masih ada beberapa fungsi lainnya yang dimiliki oleh router, yaitu:

1. Penghubung jaringan dengan DSL.

Router juga berfungsi untuk menghubungkan local network ke koneksi digital subscriber line (DSL). Umumnya DSL router ini juga berfungsi sebagai firewall alias jenis cyber security untuk melindungi data dana meningkatkan keamanan jaringan internet. Jadi, router juga bisa memblokir traffic data yang mencurigakan maupun mencegah terjadinya broadcast storm yang dapat memperlambat kinerja jaringan.

2. Transmisi informasi.

Fungsi lainnya adalah untuk mentransmisikan informasi antar jaringan sehingga beberapa perangkat bisa saling berkomunikasi. Caranya adalah dengan menjembatani sistem kerja networking bridge dengan akses internet agar jaringan bisa menggunakan data dari suatu jaringan lain.

3. Membaca alamat IP.

Router juga dapat membaca alamat IP sumber maupun tujuan. Dengan begitu, router bisa menentukan routing di dalam sebuah jaringan.

4. Filter paket data.

Di samping fungsi mentransmisikan informasi, router juga memiliki fungsi untuk menyaring (filter) paket data yang terdapat di dalam suatu jaringan. Proses penyaringan ini juga akan mendorong kinerja jaringan internet serta mencegah melambatnya koneksi yang disebabkan oleh tingginya traffic. Penyaringannya sendiri bisa dilakukan melalui port TCP, alamat IP, maupun UDP.

5. Menghubungkan jaringan.

Untuk mengeksekusi fungsi utamanya, router perlu menghubungkan jaringan ke beberapa perangkat. Dengan begitu, pembagian paket data pun tersedia untuk antar jaringan. Proses ini sendiri dilakukan lewat distribusi alamat IP ke masing-masing perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan tertentu.

Bagaimana, apakah Anda sekarang jadi lebih memahami definisi serta fungsi router? Itu tadi rangkuman penjelasan mengenai apa itu router serta fungsi-fungsinya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*