Rack server 15u mungkin terdengar cukup asing bagi beberapa orang, tapi istilah tersebut cukup dikenal untuk orang-orang yang bekerja dalam bisnis dan industri, menjadi salah satu tipe hardware yang cukup banyak digunakan. Lalu apa sebenarnya rack server dan apa saja jenisnya? penjelasan lengkapnya dapat Anda temukan dalam artikel berikut.

Apa itu Rack Server?

Rack server ini semacam tumpukan komputer yang memiliki tenaga tinggi dan sangat ideal jika digunakan untuk menjalankan program berat. Secara umum, rack server merupakan sebuah rack yang dibuat sebagai ruang penyimpanan server tersusun yang lebih hemat dan efisien.

Jika diperhatikan, server yang tersusun tersebut ditempatkan di dalam struktur berbentuk persegi panjang, hal tersebut dilakukan agar semua jaringan yang ada di dalamnya seperti Switch,  koneksi HUB, dan komputer bisa berjalan dengan lancar.

Lalu bagaimana bisa rack server ini menjadi tempat penyimpanan yang hemat? Di dalam satu penyimpanan rack server tunggal terdapat beberapa server berbeda yang bertumpuk, makanya bisa dengan mudah menghemat ruang penyimpanan.

Secara umum, rack server memiliki lebar sebesar 19 inchi, dengan ketinggiannya diukur dalam unit rak, 1U sama dengan 1.75 inchi. Seperti contohnya rack server 15u berarti sebuah tempat penyimpanan yang memiliki 15 rak ruang peralatan dengan ketinggian 33,25 inchi.

Jenis Rack Server

Tempat penyimpanan server ini memiliki beberapa jenis, berikut ini jenis-jenis rack server yang akan dengan mudah Anda temukan di pasaran.

1. Closed rack

Server rack yang satu ini merupakan yang paling umum digunakan dalam industri, closed server adalah tipe rak tertutup yang mampu menahan beban hingga 50 kg, pintunya terbuat dari kaca, dengan bahan penutup lainnya terbuat dari metal galvanis yang sangat kuat dan kaku, server ini juga memiliki ventilasi double roof fan.

Agar perangkat aktif yang disimpan dalam closed rack dapat bekerja secara efektif dan efisien, maka rack server tipe tertutup ini perlu disimpan di dalam ruangan yang memiliki suhu dingin. Server tipe tertutup bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan harga sekitar 7 jutaan.

2. Open rack

Sama halnya dengan closed rack, open rack ini juga merupakan server yang cukup banyak digunakan, hanya saja semua peralatan yang tersusun di dalamnya ditata dengan sederhana dan sangat cocok digunakan oleh Anda yang tidak memerlukan penyimpanan dalam jumlah besar. Maka dari itu tidak heran jika Anda bisa mendapatkan server tipe opened ini dengan harga yang lebih terjangkau. 

3. Wallmount rack

Terakhir ada wallmount rack yang banyak digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan jaringan atau networking, seperti Modem, Switch, HUB, dan peralatan jaringan lainnya. Rack server yang satu ini memiliki model yang sangat sederhana dan dilengkapi dengan satu pintu. Akan tetapi beberapa rack server tipe wallmount juga ada yang dibuat dengan model dua pintu.

Itulah beberapa penjelasan terkait rack server 15u yang bisa Ada temukan dengan mudah, pastikan untuk memilih rack server sesuai kebutuhan Anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*