Anda Ingin mencoba melakukan konfigurasi router tapi tidak tahu caranya? Tidak perlu cemas karena Kami akan membagikan cara melakukannya untuk Anda.

1. Hubungkan Router dengan Modem

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk melakukan konfigurasi router adalah menghubungkan router dengan modem yang Anda miliki di rumah.

Cara untuk melakukannya adalah dengan menyambungkan kabel jack ke router terlebih dahulu. Setelah itu,sambungkan kabel tersebut ke stop kontak. Kemudian, Anda bisa coba untuk menyambungkan kabel LAN dengan port WAN yang ada pada router. Lalu,sambungkan lagi kabel ke port LAN yang ada di modem yang Anda gunakan di rumah.

Jangan sampai lupa untuk memastikan kalau router sudah mengenali perangkat modem yang Anda gunakan sebelum dihubungkan.

2. Pastikan Komputer dan Router dalam Keadaan Tersambung

Setelah modem dan router tersambung, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan komputer ke router yang Anda gunakan.

Untuk menyambungkan keduanya, Anda bisa memakai kabel LAN. Caranya adalah dengan memasukkan kabel LAN ke port LAN yang ada di komputer dan sambungkan juga kabel LAN yang terdapat di router.

3. Buka Admin Router dan Lakukan Proses Log In

Jika semua kabel dan perangkat sudah terhubung, Anda bisa mulai menyalakan komputer Anda. Kemudian masuklah ke halaman browsing. Setelahnya coba masukkan alamat router ke dalam halaman yang ada di layar Anda, berikut password serta username yang telah Anda buat.

Jika Anda belum mengetahui alamat dari router yang Anda gunakan, Anda akan bisa menemukannya di dalam buku panduan router.

Selain dengan cara manual, Anda juga bisa melakukan proses ini dengan memakai CD instalasi. Umumnya CD ini akan Anda dapatkan di dalam satu paket pembelian router.

4. Masukkan Data 

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam proses konfigurasi router adalah memasukkan data.

Data yang dimaksud adalah informasi yang berhubungan dengan koneksi internet sesuai dengan provider internet yang Anda pakai.

Setelah memasukkan data, Anda bisa memeriksa apakah ethernet, lampu internet dan semua lampu yang ada pada router telah menyala dengan baik.

5. Lakukan Proses Penyetingan Pada Router

Jika telah melakukan semua langkah yang sudah disebutkan diatas, Anda sudah bisa melakukan proses setting pada router yang akan Anda gunakan.

Anda sangat dianjurkan untuk mengganti nama SSID dari router yang Anda gunakan demi menjaga keamanan.

Untuk menjaga keamanan router, Anda juga bisa memakai fitur bernama WPA2 Wireless Encryption. Tetapi sebaiknya pastikan dulu kalau router yang Anda pakai telah memakai fitur tersebut.Itulah informasi tentang cara untuk melakukan konfigurasi router untuk Anda yang belum mengetahui caranya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda. Sudah siap mencoba melakukan konfigurasi router sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*