Fungsi access point mungkin tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal produk teknologi yang satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk mempermudah kita dalam mengakses internet. Access point juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan ruang publik yang luas, seperti pusat perbelanjaan, universitas, instansi pemerintah  bandara, hingga rumah sakit.

Sekilas Tentang Acces Point

Access point adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang mampu menghubungkan perangkat nirkabel (tanpa kabel) dan jaringan lokal dengan menggunakan teknologi wireless, bluetooth, wifi dan lain-lain.

Acces point juga dikenal sebagai WLAN (Wireless Local Area Network). Alat ini berperan dalam mengirim dan menerima data dari adapter wireless.

Komponen yang terdapat di dalam access point diantaranya transceiver dan antena. Dua komponen ini memiliki fungsi untuk memancarkan maupun menerima sinyal internet dari client server atau sinyal internet ke client server.

Agar dapat memancarkan sinyal dengan baik, access point biasanya disambungkan dengan menggunakan perangkat keras seperti switch, router, dan hub lewat kabel thernet. Ketika menggunakan access point, sinyal wifi dapat menjangkau ruangan yang luas meskipun terdapat sekat penghalang seperti tembok yang menjadi pembatas antar ruang. 

Fungsi Penggunaan Access Point

Access point memiliki fungsi utama untuk memberikan izin maupun menolak perangkat dengan akses wifi untuk terhubung dengan jaringan lokal yang sama. Untuk lebih lengkapnya berikut fungsi access point yang perlu Anda ketahui:

  1. Access point berperan sebagai Hub, yaitu penghubung antara jaringan lokal yang menggunakan kabel dengan jaringan nirkabel.
  2. Access point bisa digunakan sebagai DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) Server. Hal ini membuat access point secara otomatis bisa memberikan IP Adress kepada setiap piranti yang terhubung.
  3. Access point berfungsi untuk memancarkan serta mengirimkan sinyal internet dan koneksi data lewat gelombang radio. Semakin kuat sinyal access point maka semakin luas pula area jangkauannya. Ukuran sinyal umumnya ditulis dalam satuan mW atau dBm.
  4. Access point dapat mengatur akses seuatu perangkat berdasarkan MAC (Media Access Control) Adress. MAC Adress merupakan identifikasi unik yang dimiliki oleh network card yang ada di setiap perangkat. 
  5. Fungsi terakhir dari access point adalah untuk menerapkan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wifi Protected Access). WEP yang juga dikenal sebagai Shared Key Autenthication ini merupakan metode pengamanan jaringan nirkabel dengan cara mengotentifikasi kecocokan kunci yang diberikan client ke access point.

Sementara WAP adalah metode keamanan yang digunakan untuk melengkapi metode WEP dengan decryption 

Nah, itulah fungsi access point dalam jaringan nirkabel yang kini sangat dibutuhkan untuk memudahkan akses internet. Meski access point menawarkan banyak kemudahan, diperlukan kehati-hatian bagi para pengguna awam dalam melindungi koneksi internet yang digunakan agar terhindar dari segala macam tindak kejahatan cyber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*