Dalam artikel ini, Anda bisa temukan pembahasan mengenai pengertian router. Tak hanya itu saja, ada juga rangkuman perbedaan router dengan modem yang juga perlu Anda ketahui. Soalnya, tak sedikit orang yang menganggap bahwa router dan modem adalah dua alat yang sama. Padahal, keduanya sebenarnya punya fungsi yang berbeda meskipun saling berkaitan, terutama dalam jaringan internet.

Definisi Router dan Cara Kerjanya

Secara garis besar, router merupakan perangkat yang menghubungkan dua jaringan maupun sub-jaringan, atau lebih. Dalam cara kerjanya, router menerapkan proses yang disebut sebagai routing, yaitu proses di mana router meneruskan (routing) paket dari suatu jaringan dengan yang lain. Dengan begitu, paket data dari jaringan internet dapat ditransmisikan ke perangkat lain dan perangkat pun bisa mengakses jaringan internet.

Cara kerja router sendiri adalah mengarahkan jaringan data dengan memanfaatkan routing table. Dengan begitu, router bisa menentukan mana saja jalur yang akan dilewati paket data ke tujuan. Di dalam paket data tersebut, terdapat beberapa informasi seperti tipe data dan alamat IP pengirim maupun tujuan. Setiap bagian tersebut akan dibaca router agar alat bisa menentukan rute terbaik dalam setiap proses transmisi data. 

Apa Beda Router dengan Modem?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak orang yang menggunakan istilah router dan modem secara bergantian karena keduanya dianggap sama. Padahal, keduanya memiliki fungsi dan peran berbeda meskipun sama-sama terkait dengan sambungan jaringan internet.

Apabila dirangkum, perbedaan antara router dan modem adalah sebagai berikut.

1. Router.

Router membentuk jaringan serta mengelola aliran data yang terdapat di dalam satu jaringan. Perangkat ini bisa terhubung dengan beberapa PC, laptop, ataupun smartphone melalui WiFi. Sementara itu, IP address atau alamat IP yang dimiliki router adalah private.

Alat ini mendistribusikan data dan informasi ke Local Area Network alias LAN, serta memiliki ethernet port yang jumlahnya lebih banyak daripada modem. Hal ini karena fungsi dari router itu sendiri yang menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan internet. 

2. Modem.

Beda dengan router, modem berfungsi untuk mengubah sinyal yang berasal dari Internet Service Provider (ISP) menjadi sinyal digital yang bisa diterima atau diartikan oleh perangkat yang digunakan pengguna. Oleh karena itu, modem hanya bisa terhubung dengan satu atau beberapa perangkat melalui software maupun operating system (OS). Di samping itu, modem memiliki alamat IP publik.

Perbedaan lainnya adalah modem menggunakan Wide Area Network (WAN), dan memiliki jumlah ethernet port yang lebih sedikit dibandingkan router.

Itulah rangkuman penjelasan mengenai pengertian router, cara kerjanya, serta perbedaannya dengan modem. Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*