Tentu jika berbicara tentang manajemen kabel sudah pasti akan mengacu kepada wire management sebagai acuan yang mengatur antara hubungan kabel dengan instalasi. Istilah yang demikian biasanya dipergunakan sebagai perencanaan maupun pengerjaan, kabel sendiri umum bersifat mudah kusut sehingga membuat kabel tersebut sulit untuk dipergunakan lagi.

Tak jarang juga sering terjadi spageti kabel yang menyebabkan kabel susah untuk digunakan lagi, jika telah terjadi hal yang demikian maka susah sekali untuk menyelesaikan masalah ini semua. Nantinya manajemen kabel akan memberikan bantuan berupa perawatan hingga perubahan pada jalur kabel menjadi mudah tidak seperti sebelumnya.

Produk – produk dunia instalasi bisa berupa tangga kabel hingga baki kabel, produk – produk tersebut nantinya juga akan memberikan dukungan kepada kabel supaya tetap termanajemen dengan optimal lewat jalur kabel. Pada wiring cable sendiri nantinya juga akan ikut berperan dengan membantu merapikan kabel bagian belakang yang menuju kepada power listrik, nantinya juga bisa ditentukan ingin dalam set vertical atau horizontal.

Beberapa fungsi dari wire management cukup banyak jika diuraikan satu persatu, maka dari itu akan kami ringkas saja mengenai fungsi dari alat yang satu ini untuk memudahkan anda di dalam memahaminya. Berikut fungsinya.

Fungsi Wiring Management

1. Mempermudah Manajemen Kabel

Mengatur hingga melakukan pengelolaan terhadap kabel patch supaya dapat tertata dengan mudah, jika kabel patch telah tertata maka anda akan dengan mudah juga memakainya. Juga ukuran beratnya yang cukup ringan serta memiliki daya tahan yang kuat serta mudah untuk dipasang, tentunya hal tersebut akan memudahkan anda ketika ingin melakukan manajemen kabel supaya tidak terjadi spageti kabel.

2. Mempermudah Akses Kabel

Pada wiring management sendiri memiliki penutup berupa engsel ganda yang nantinya memiliki fungsi untuk memudahkan akses kabel yang ingin anda lakukan. Juga memiliki bentuk jari yang fleksibel sehingga mudah untuk dipasang, dilepaskan, dan dirawat. Jarak antar jari tersebut sendiri yang mudah ditingkatkan sehingga dapat mengakomodasi kabel yang ukurannya lebih lebar lagi.

3. Memiliki Bentuk Yang Tidak Mudah Rusak

Dengan bentuk tepiannya yang bundar memiliki fungsi sebagai perlindungan kabel dari gangguan benda luar yang bisa membuat kabel tersebut menjadi robek dan rusak. Serta mudah untuk anda pasang kepada unit rak yang memiliki ukuran 19, juga anda bisa memasangkannya kepada perangkat keras yang memerlukan tutup berukuran 12 hingga 24.

Demikianlah artikel tentang fungsi dari wire management pada kabel instalasi yang menghubungkan antara kabel dan instalasi. Tentu banyak sekali fungsi serta  manfaat yang anda bisa dapatkan jika menggunakan alat tersebut, terutama untuk melakukan manajemen kabel supaya selalu rapi dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*