Fiber optic cable sering kita jumpai di proyek penggalian jalanan raya. Suatu proyek yang dilakukan perusahaan operator telekomunikasi seing menggunakan kabel ini. Kabel fiber optic bisa menggantikan kabel tembaga untuk penghantar data. 

Tentang Kabel Fiber Optik?

Kabel fiber optik terbuat dari serat kaca yang memiliki lapisan-lapisan penyusunnya. Di dalamnya ada komponen-komponen isolator atau coating dengan berbagai macam warna. Fiber optic cable dibedakan menjadi dua jenis, ada kabel fiber single mode, dan kabel fiber multimode. Kabel fiber optik single mode memiliki transmisi tunggal, sedangkan multimode memiliki banyak transmisi sehingga bisa menyebarkan cahaya dalam satu waktu.

Secara umum, fungsi fiber optic cable kurang lebih sama dengan jenis kabel lainnya. Hal yang membedakan ialah kabel ini mendukung kecepatan pengiriman data dan tidak mempunyai arus listrik. Tentunya perusahaan operator telekomunikasi sering memasang kabel fiber optik ini karena aman dan tidak akan mengalami gangguan elektromagnetik.

Kelebihan Fiber Optic Cable

Kabel ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Kapasitas kecepatan dalam menghantarkan data bisa mencapai 1GB per detik. Hal inilah yang sangat mendukung suatu proyek perusahaan telekomunikasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Kelebihan inilah yang bisa memungkinkan pengiriman data dengan jarak jauh tanpa penguat sinyal.
  2. Bahan yang digunakan kabel fiber optik tidak akan berkarat dan tidak ada listrik sehingga bisa mencegah terjadinya korsleting dan kebakaran. Kabel fiber optic menggunakan gelombang cahaya.
  3. Fiber optic cable berukuran sangat kecil sehingga bisa dipasang secara lebih fleksibel di berbagai area yang diperlukan.
  4. Mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dan mampu meminimalkan gangguan dengan prinsip kerja yang baik. Fiber optic cable ini dibuat dengan lebih elastis dan mampu menghadapi setiap goncangan, sehingga getaran yang terjadi di sekitar tidak begitu berpengaruh pada fungsi fiber.

Kekurangan Fiber Optic Cable

Setelah Anda mengetahui kelebihan kabel fiber optik, berikut kekurangannya yang perlu  Anda pertimbangkan:

  1. Proses instalasi kabel fiber optik cenderung ribet dan butuh biaya yang tidak sedikit. Suatu perusahaan operator telekomunikasi perlu melakukan penggalian yang melibatkan banyak pekerja, sehingga biaya operasional semakin mahal. Bahkan perawatan fiber optic cable ini juga membutuhkan perawatan khusus yang biayanya cukup mahal dibandingkan jenis kabel jaringan yang lain.
  2. Pemasangan kabel fiber optik perlu berada di jalur berbelok untuk memaksimalkan kecepatan dan kelancaran pengiriman data melalui transmisi cahaya.
  3. Perlu sumber cahaya yang kuat agar kinerja kabel lebih maksimal.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan fiber optic cable yang perlu Anda ketahui. Intinya meski harga kabel fiber optik ini cukup mahal dan biaya perawatan juga tidak sedikit, namun kualitasnya cukup terjamin dan berkualitas. Meski demikian, Anda juga perlu memperhatikan budget dan biaya agar tetap bisa ter-cover dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*